Apa Itu Scratch?

Home / Blog / Apa Itu Scratch?

Scratch adalah salah satu bahasa pemrogramman yang sangat mudah untuk di pelajari karena tidak memerlukan keahlian dalam hal Codding, selain itu scratch juga berbasis online tapi tersedia juga untuk versi offline nya dan memiliki komunitas di seluruh dunia yang mana kita bisa berbagi hasil karya dan belajar bersama.

Scratch adalah proyek dari Lifelong Kindergarten Group di MIT Media Lab. Scratch disediakan tanpa biaya (Gratis).

Siapa Yang Menggunakan Scratch.?

Seperti yang di lansir di situs resminya www.scratch.mit.edu bahwa program ini di desain dengan mengutamakan umur dari 8 sampai 16 akan tetapi kenyataannya banyak di minati oleh semua kalangan, anak – anak, remaja dan dewasa.

Kenapa Belajar Scratch.?

Pada dasarnya Scratch membantu orang-orang muda untuk berpikir secara kreatif, mempertimbangkan secara sistematis, dan berkerja secara kolaboratif — kemampuan yang esensial bagi kehidupan pada abad ke-21. Ketika orang – orang membuat program dan menulis kode dengan Scratch mereka melatih dan mempelajari strategi -stratego penting dalam memecahkan masalah yang mana dapat di terapkan juga dalam kehidupan sehari – hari, mendesain karya dan mengomunikasikan ide – ide.

Scratch untuk pelajar.?

Scratch bisa di pelajari di sekolah untuk semua level (dari mulai tingkat dasar sampai kuliah) dan untuk semua objek pembelajaran seperti matematika, science, bahasa dan ilmu pengetahuan sosial. Untuk para pendidiknya sendiri bisa berbagi cerita, berbagi bahan pembelajaran untuk siswa, bertanya ataupun sekedar bertemu dengan orang – orang yang sama bisa masuk ke situs ScratchED.

Apa yang bisa kita buat dengan Scratch.?

Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan Scratch, salah satunya adalah membuat Games, Animasi interaktif, membuat cerita, bahkan bisa lebih Advance dari itu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *